Senin, 01 April 2013

3 kunci utama kesuksesan usaha rumahan membuat kue enak

Dari hasil pengamatan yang saya lakukan terdapat 3 kunci utama kesuksesan usaha rumahan membuat kue enak yang dilakukan oleh teman saya tersebut.
1. Tepat Kebutuhan
Kue yang dibuat oleh teman saya itu sesuai dengan kebutuhan penduduk di kampung saya dan sekitarnya. Anda jangan harap akan bisa mendapatkan makanan sejenis pizza, singkong keju atau kastengel dari mereka. Kue putu mayang, bolu kukus, risoles, nagasari,lemper, bikang,jenang tape ketan, roti ban, donat, kroket, pastel, dengan mudah bisa anda pesan. Kue-kue semacam itulah yang sering dipesan oleh penduduk ketika mereka menyelenggarakan hajatan. Jika seseorang akan menghadiri undangan pernikahan misalnya maka selain membawa amplop berisi uang dia juga membawa kue-kue untuk si empunya hajat. Ketika dia pulang maka dia juga akan membawa oleh-oleh berupa kue yang diletakkan dalam kotak. Nah pada saat musim hajatan teman saya tadi kebanjiran order. Laris manisnya usaha rumahan membuat kue juga terjadi menjelang Idul Fitri.
2. Tepat Daya Beli
Teman saya tahu benar daya beli penduduk. Oleh karena itu dia tak membuat dan menjual kue yang harganya mahal. Baginya untung Rp.500 atau Rp.1000 sudah cukup yang penting pelanggannya banyak. Sahabat tadi tak akan mau membuat cake yang di atasnya ada seiris lemon, es krim atau stroberi.  Selain ribet,jarang ada yang memesan, juga membuat harga kue sejenis itu menjadi tidak murah.
3. Tepat Waktu
Kunci sukses usaha membuat kue yang dijalankan oleh sahabat saya adalah tepat waktu. Jika dia berjanji kue bisa diambil 3 hari lagi maka pada hari yang ditetapkan itu konsumen akan mendapatkan kuenya. Guna menjaga janjinya itu maka pada waktu-waktu padat pesanan, misalnya menjelang Lebaran sahabat tadi tak mau gegabah menerima pesanan kue secara mendadak. Hal ini perlu agar tidak mengecewakan pelanggannya. Dia tak mau melakukan aji mumpung apalagi sampai mengorbankan kualitas kue yang dijualnya.
Dengan 3 kunci sukses di atas maka usaha rumahan membuat kue murah yang dijalankan oleh sahabat saya tetap laris sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar